Kamis, 24 November 2011

arti penting membaca

Membaca merupakan kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk memenuhi minatnya. Melalui membaca, informasi dan pengetahuan yang berguna bagi kehidupan dapat diperoleh. Inilah motivasi pokok yang dapat mendorong timbul dan berkembangnya minat anak. Apabila minat ini sudah tumbuh dan berkembang, dalam arti bahwa anak sudah mulai suka membaca, maka minat baca pun akan meningkat (Sutini, 2010).
Saat ini minat baca siswa tergolong rendah, untuk itu guru harus mampu menumbuhkan minat membaca siswa dengan memberikan tugas yang memungkinkan siswa untuk membaca.  Meskipun minat baca siswa rendah, tetapi kalau seorang guru sudah memberikan tugas dengan deadline pengumpulan yang jelas, maka siswa mau tidak mau akan membaca. Dengan pembelajaran melalui analisis kritis artikel diharapkan kebiasaan membaca siswa yang kurang dapat meningkat. Meskipun membaca yang semula hanya karena mengejar deadline tugas yang diberikan guru, selanjutnya akan menjadi kebiasaan siswa, jika siswa dibiasakan membaca dengan diberi tugas-tugas yang mengharuskan mereka membaca.
Untuk meningkatkan minat baca siswa tidak hanya cukup dengan memberikan tugas-tugas, tetapi sumber bacaan juga sangat menetukan minat baca siswa. Buku pelajaran sudah menjadi sebuah sumber belajar yang membosankan bagi siswa, sehingga guru harus dapat mencari sumber bacaan lain yang lebih meningkatkan minat siswa untuk membaca dan belajar. Artikel yang digunakan dalam pembelajaran dengan analisis kritis artikel berasal dari surat kabar dan internet. Menurut McGowan dalam Bambang (2008) bahwa kini para siswa memandang Internet sebagai sebuah perpustakaan raksasa untuk mencari informasi apapun. Siswa sangat tertarik dengan apapun yang ada di internet. Dengan internet siswa dapat mencari berbagai informasi tentang apa yang dipelajari, yang tidak cukup hanya didapat dari buku pelajaran. Surat kabar juga lebih diminati siswa untuk dibaca daripada buku pelajaran. Sehingga dengan media internet dan surat kabar siswa akan mendapat pengetahuan yang lebih luas dan minat membacanya akan meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar